Thursday, May 30, 2013



07826ab7607bc9a6d686f1724922eee5_sir-alex-ferguson

Saat perpisahan justru seringkali menjadi masa terindah karier seseorang yang telah sukses dalam perjuangan panjang jatuh dan bangun. MU identik dengan Sir Alex Ferguson. Sejak 1986 sampai 2013 merupakan 27 tahun perjalanan panjang yang penuh arti dan prestasi.
Rencana perpisahan dan pensiun dari pelatih sepak bola disalah satu klub terkaya dan terkemuka di dunia ini Menchseter United, menghentak semua orang. Trending ada di mana-mana baik di meia online, TV, twitter, facebook dan media cetak.
Selama ini headline tentang olahraga adalah tentang sepak bola, dan jika bicara sepak bola klub di Eropa. Dalam hal klub Eropa yang benar-benar perjalanan panang punya prestasi dan pelatihnya tak tergantikan adalah Sir Alex Ferguson. Nama ini benar-benar ada dibenak milyaran orang di dunia. Semua tahu tentang Sir Alex Ferguson.

Pemain, Aberdeen dan Hengkang ke MU

Sebagai pemain Sir Alex Ferguson, yang lahir dan berkebangsaan Skotlandia prestasi utamanya adalah menjadi Top Scorer Liga Skotlandia dengan 31 gol dan melesakkan bola 170 gol dalam 317 pertandingan. Sir Alex Ferguson mencetak 1 gol tiap 2 kali bermain. Klub impiannya di Skotlandia, Glasgow Rangers hanya betah diikutinya selama 2 musim karena sering dicadangkan dan berlatih dengan tim junior.
Justru kariernya memang cukup bersinar di kepelatihan sepak bola. Memang pernah satu kali dalam hidupnya dipecat klub St Mirren meski yang tadinya hanyaa ditonton 1000 orang menjadi Juara Liga Skotlandia tahun 1977 dengan permainan menyerangnya. Namun ternyata ini berbuah manis berpindah ke Aberdeen yang menjadikannya Juara Liga Skotlandia dan mengantarkannya mengalahkan Real Madrid di final Piala Winner, kejuaraan antar klub pemenang antar negara di Eropa.
Sejak itu Sir Alex Ferguson mendapat pinangan di beberapa klub dan akhirnya berlabuh di Manchester United sejak 1986.

Melatih MU

Awalnya melatih di MU adalah memberikan kedisiplinan yang ketat pemainnya yang sering minum alkohol karena berdampak pada kebugaran. Disiplin dan pengawasan yang ketat ini masih dijaga sampai saat terakhir melatih MU. Disiplin ketat dan kegalakan Sir Alex Ferguson, merubah Mu yang tadinya tahun 1986 di peringkat 21 dari musim ke musim meningkat peringkatnya. Saat itu mimpinya jelas menggeser Liverpool yang saat itu merajai Liga Inggris.
Pada musim perdananya MU berhasil naik keringkat 11 dan pada musim 1988/1989 berada di belakang jawara Liverpool. Namun demikian terperosok lagi dan karena pantang menyerah akhirnya di 1992/1993 berhasil menjadi jawara Liga Inggris mengalahkan Aston Villa di tempat kedua.
Selama kepelatihan Sir Alex Ferguson telah banyak prestasi yang diraih diantaranya meraih 13 kali Juara Liga Premier Inggris, 5 kali Piala FA, 4 kali Piala Liga, 10 FA Charity/Community Shield, 2 kali Juara Champion Eropa, 1 kali Piala UEFA winner, 1 kali Piala UEFA Super Cup, 1 kali International Cup, 1 kali FIFA World Cup, 5 kali Double (2 kejuaraan dalam 1 tahun) dan 1 kali Treble (3 juara dalam setahun) yaitu di tahun 1989/99 Liga, FA dan European Cup.
Sir Alex Ferguson telah bertugas untuk 1000 pertandingan dan merupakan pelatih terlama di satu klub. Pemain yang menjadi didikannya sangat banyak dan beragam negaranya mulai dari Paul Ince, Peter Schmeichel, Ryan Giggs, Eric Cantona, Roy Keane, Paul Scholes, Gary Neville, Nicky Butt, David Beckham, Andy Cole, Teddy Sheringham, Dwight Yorke, Jaap Stam, Gary Neville, David Butts, Ole Gunnar Solksjaer, Mark Hughes, Ruud van Nistelrooy, Fabian Barthez, Juan Sebastian Veron, Laurent Blanc, Rio Ferdinand, Christiano Ronaldo, Louis Saha, Wayne Rooney, Edwin van de Saar, Patrice Evra, Nemanja Vidic, Park Ji Sung, Anderson, Carlos Tevez, Ashley Young, van Persiedan lain-lain.

Terima kasih Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson adalah legenda pelatih sepak bola, di klubesar, kaya dan terkemuka dengan pendanaan yang kuat, pemain-pemain terbaik dan prestasi yang berjibun. Ada prinsip melatih yang sampai sekarang sulit ditandingi yaitu soal kedisplinan dalm melatih pemain, pantang menyerah meski prestasi adakalanya anjlok dan tentunya loyal pada klub sehingga bisa bertugas dalam 1000 pertandingan dan 27 tahun bertugas dan dalam umur 71 tahun.
Sir Alex Ferguson sulit untuk menandingi kerja keras dan prestasimu untuk jangka waktu di masa depan. Terima kasih atas suguhan sepak bola menghibur, atraktif, agresif menyerang dan bisa ditonton oleh milyaran manusia di muka bumi.
Namamu tak akan kamu lupakan dan tetap dalam hati pencita sepak bola indah dan atraktif ini.
Terima kasih Sir Alex Ferguson.

0 komentar:

Post a Comment

!!!PERHATIAN!!!
Jika Anda adalah Manusia, serta otak dan akal sehat Anda masih berfungsi dengan normal, tunjukan itu dengan tidak berkomentar menggunakan kata-kata kasar dan tidak lazim! Terimakasih :)

Translate

Popular Posts

Powered by Blogger.

Follow!

MS-29 © 2013 Published By Gooyaabi Templates Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design